Tahukah Gizmo friends kalau baru-baru ini, pesawat luar angkasa asal China bernama Tianwen-1 baru saja berhasil mendarat di planet Mars? Tepatnya pada hari Sabtu pagi (15/5), di mana tentunya menjadi sebuah hal yang membanggakan. Untuk merayakannya, OPPO merilis Find X3 Pro Mars Exploration Edition.

Sebelumnya, pihak OPPO memang telah menginformasikan kedatangan dari smartphone flagship edisi spesial ini. Karena misi luar angkasa tersebut berhasil terlaksana, akhirnya bersamaan dengan itu, OPPO Find X3 Pro Mars Exploration Edition dimunculkan secara resmi di negara asalnya. Hadir secara eksklusif, tak hanya tampak luarnya saja yang dibuat berbeda dengan warna silver.

Tepatnya, warnanya OPPO sebut dengan Sky Rock Grey, hadir sebagai opsi warna kelima yang secara total bisa dipilih oleh konsumen. Tak sekadar terlihat warna silver saja, OPPO juga membuat permukaan Find X3 Pro Mars Exploration Edition ini lebih unik. Terinspirasi dari planet luar angkasa, bodi belakangnya gunakan ‘high-fog AG glass & metallic luster’.

Fitur Eksklusif Find X3 Pro Mars Exploration Edition

Keduanya dikombinasikan untuk berikan tekstur yang terlihat seperti permukaan planet Mars. Selain itu, pada bagian bawah kanan bodi, terlihat logo Mars 2021 dan Utopia Planitia yang menjadi tempat mendaratnya pesawat Tianwen-1 di Mars. Bodi belakangnya sendiri tetap terbuat dari kaca, dengan lengkungan modul kamera sealmess serta permukaan bebas bekas sidik jari.

Lantas selain tampak luar, apalagi yang membedakan OPPO Find X3 Pro Mars Exploration Edition dengan varian standar? Ada pada kameranya, namun bukan secara spesifikasi sensor—melainkan filter kamera yang diusungnya. Smartphone kamera OPPO ini dilengkapi tiga filter khusus, yang disebut dengan ‘Mars color filters’.

Tujuannya? Untuk berikan efek supaya foto yang dihasilkan dari Bumi bakal terlihat seperti seolah-olah tertangkap di planet Mars. Bila dilihat pada contoh di atas, filter tersebut seperti memberikan efek yang dibuat warm atau kemerahan. Tanpa ada penambahan ornamen lainnya, agar terlihat lebih natural.

Selain filter kamera, tentu saja ada tema khusus. Layaknya Reno5 Marvel Avengers Edition, OPPO Find X3 Pro Mars Exploration Edition juga punya satu tambahan tema eksklusif yang terdiri dari wallpaper hingga icon pack. Bukan wallpaper biasa, wallpaper dinamis tersebut dapat berganti sesuai jam matahari terbit dan terbenam, berikan tampak sisi luar planet Mars yang berbeda.

Plus, kemasan yang dibuat berbeda. Dengan boks eksklusif, di dalamnya terdapat sleeve yang memiliki tekstur layaknya permukaan planet Mars. Kelengkapan lainnya dibuat dengan warna hitam, sementara soft case tetap mengikuti warna bodi alias senada, dibuat warna silver.
Spesifikasi & Harga OPPO Findx X3 Pro Mars Exploration Edition

Sementara spesifikasi lainnya masih sama persis dengan Find X3 Pro standar. Layar 6,7 inci QHD+ 120Hz AMOLED di depan, baterai 4,500 mAh dengan 65W VOOC & 30W wireless, chipset Snapdragon 888, sampai sistem operasi Android 11 dengan tampilan antarmuka ColorOS 11.2. Khusus untuk edisi spesial ini, OPPO hanya sediakan satu konfigurasi memori saja, yaitu dengan RAM 16GB dan penyimpanan 512GB.

Sementara di sektor kamera, terdapat dua sensor utama beresolusi 50MP, di mana masing-masing berlaku sebagai sensor utama (wide) dan sensor ultra-wide (yang juga dapat beralih fungsi sebagai sensor makro dengan autofocus). Dua sensor lain pada Find X3 Pro Mars Exploration Edition adalah 13MP telefoto 2x optical zoom, dan sensor 3MP mikroskop untuk pengambilan foto dengan jarak benar-benar dekat atau mikroskopis.

Harganya? CNY6,999 atau sekitar Rp15 jutaan. Tergolong murah untuk sebuah smartphone edisi limited, dengan opsi memori yang paling tinggi. Find X3 Pro Mars Exploration Edition mulai dijual pertama kali di China pada 16 Mei 2021. Belum ada informasi apakah bakal dijual di negara lain atau tidak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *