Masuk Peringkat 16 Dunia, Industri Game Indonesia Layak Dikembangkan

TECHRIPIU: Indonesia tercatat sebagai peringkat 16 pasar game dunia. Oleh karenanya industri game di Tanah Air sangat layak untuk dikembangkan.


Ilustrasi||unsplash


"Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan industri gim tercepat di dunia. Saat ini pertumbuhannya kali lipat dan bahkan menjadi negara peringkat 16 pasar gim terbesar gim di dunia," kata Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara virtual, Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Menurut Cipto, pemerintah telah banyak mendukung industri gim melalui push strategy yaitu strategi untuk menumbuhkan talenta dan menumbuhkan kemampuan guna dapat membuat produk-produk yang berkualitas


"Saat ini dengan talenta-talenta yang ada kita dengan mudah mengkespor konten kita ke seluruh dunia,” ujanya.

Untuk mengembangkan industri gim di Indonesia, tambahnya,  dibutuhkan pull strategy yaitu strategi yang ditujukan antara lain untuk menciptakan sebuah perusahaan besar yang mengatrol industri gim di Tanah Air. Sehingga memunculkan trickle down effect, di antaranya penyerapan tenaga kerja yang meningkat dan pengembangan kualitas talenta.

“Orang Indonesia  menghabiskan Rp25 triliun-Rp30 triliun setiap tahun untuk industri gim.  Di tahun 2020, diperkirakan naiknya 32 persen,” papar Cipto.

Beberapa penyebab cepatnya pertumbuhan gim tersebut antara lain penetrasi internet yang lebih baik, harga handphone murah, dan gim menjadi hiburan yang mudah diperoleh.

Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews