Berniat Ibadah Haji? 4 Langkah ini Harus Diperhatikan Setiap Calon Jamaah Agar Perjalan Aman dan Lancar!


Melaksanakan ibadah haji harus melalui perencanaan matang||Lifepal.co.id

Trendingnews.Id - Sesuai keputusan Kemenag, bahwa tahun ini, Pemerintah Indonesia batal mengirimkan jamaah haji ke Tanah Suci.


Tapi, Anda tak perlu berkecil hati, karena masih ada kesempatan untuk menunaikan ibadah haji di tahun mendatang seraya sambil berdoa, semoga pandemi covid-19 segera berakhir.

Nah, meski tahun ini batal berangkat ke Tanah Suci, ada baiknya melakukan serangkaian persiapan untuk tahun-tahun mendatang.


Seperti diketahui, beribadah haji ke Tanah Suci tidak hanya diperlukan persiapan mental, namun juga finansial.

(BACA JUGA:Terkini, GIIAS 2021 Dipastikan Digelar Pada 12-22 Agustus 2021, Rangkaian Persiapan Sedang Dilakukan Matang)

Mengingat waktu tunggu ibadah haji sangat lama, maka sangat dianjurkan untuk mempersiapkan dana ibadah haji dari sekarang.

Dalam melakukan pendaftaran haji, Anda harus mendapatkan nomor porsi haji terlebih dahulu dengan setoran awal Rp 25 juta untuk Haji Reguler dan menunggu keberangkatan sesuai kuota 16-23 tahun.

Lama antrian setiap wilayah juga berbeda-beda, mulai 16-23 tahun waktu menunggu untuk Ongkos Naik Haji (ONH) Reguler dan 6-9 tahun untuk ONH Plus.

Perbedaan waktu tunggu, memengaruhi biaya yang perlu disiapkan untuk melaksanakan ibadah ke Tanah Suci.

(BACA JUGA:Kecelakaan 'Berjamaah' di Tikungan 10 Sirkuit Barcelona Catalunya Memicu Penasaran dan Keluhan Pembalap, Gini Kata Mereka!)

Kebutuhan yang diperlukan sebelum berangkat hingga kembali ke Tanah Air juga turut menentukan besaran biaya ibadah haji.

Adapun biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar Rp 9,1 juta sehingga ONH menjadi Rp 44 juta. Biaya ini cukup besar dibanding tahun 2020 yang hanya Rp35 juta lebih.

Selain itu, ada kebutuhan tak terduga baik dalam persiapan maupun ketika sudah berada di Tanah Suci, seperti kenaikan kurs dollar, pulsa, kelebihan bagasi, belanja berlebih, suntik meningitis, sampai baju yang digunakan untuk menyesuaikan dengan cuaca di Tanah Suci.

Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews