BMKG Luncurkan Aplikasi Peringatan Dini Tsunami dan Gempa


Resmi BMKG (Badan Meterologi Klimatologi dan Gegofisika) memperkenalkan aplikasi Sirens for Rapid Information on Tsunami Alert(SIRITA).||BMKG

TECHRIPIU: Resmi BMKG (Badan Meterologi Klimatologi dan Gegofisika) memperkenalkan aplikasi Sirens for Rapid Information on Tsunami Alert(SIRITA).

 

Sistem yang berbasis frekuensi melalui gelombang radio atau handy talky(HT) dapat digunakan mendeteksi peringatan tsunami dan gempa.

 

Aplikasi Sirita ini juga tersedia bagi pengguna Android yang bisa didapatkan melalu Google Play Store.

BACA JUGA:TikTok dan PUBG Mobile Ungguli 5 Aplikasi Penghasilan Tertinggi di 2021

 

Sistem tersebut menggunakan frekuensi radio HT, guna mengantisipasi jika aliran listrik dan sinyal ponsel mati akibat adanya gempa bumi.

 

Inisiator dua sistem informasi peringatan dini tersebut, Setyoajie Prayoedie mengatakan sistem informasi berbasis frekuensi radio (radio broadcaster) merupakan salah satu media diseminasi info gempa bumi dan peringatan dini tsunami dari BMKG.

 

"Radio broadcaster ini, informasi disampaikan dalam bentuk suara, tidak berbasis teks atau grafis, sehingga harapannya bisa menjangkau kelompok masyarakat rentan khususnya yang mengalami kendala dalam melihat atau membaca.

BACA JUGA:Xiaomi Segera Luncurkan Ponsel Terbaru Berbasis Snapdragon 870 dari Qualcomm

"Oleh karena informasinya dalam bentuk suara, harapan kami info tersebut lebih mudah oleh masyarakat," kata dia yang juga Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara.

Sumber: Treandingnews

BERITA TERKAIT

BMKG Luncurkan Aplikasi Peringatan Dini Tsunami dan Gempa

Selasa / 05-10-2021,00:36 WIB

Resmi BMKG (Badan Meterologi Klimatologi dan Gegofisika) memperkenalkan aplikasi Sirens for Rapid Information on Tsunami Alert(SIRITA).

BMKG Luncurkan Aplikasi Peringatan Dini Tsunami dan Gempa

Penting! 6 Aplikasi Smartphone Ini Mampu Menunjang Kebutuhan Sehari-hari

Rabu / 29-09-2021,15:00 WIB

Smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone juga mempunyai fungsi yang beragam.

Penting! 6 Aplikasi Smartphone Ini Mampu Menunjang Kebutuhan Sehari-hari