XL Axiata dan Huawei Indonesia Berkerjasama Perluas Jaringan 4G Demi Area Terpencil

“Teknologi ini akan menjadi alternatif solusi bagi kami untuk memperluas jaringan 4G ke daerah-daerah terpencil, di mana selama ini kami sering menghadapi persoalan terkait dengan akses backhaul yang terbatas.

"Pada akhirnya menjadi salah satu faktor penghambat perluasan jaringan di daerah-daerah terpencil,” ujarnya, Sabtu (2/10/2021).

BACA JUGA:Xiaomi Segera Luncurkan Ponsel Terbaru Berbasis Snapdragon 870 dari Qualcomm

BACA JUGA:Realme Raih Top 6 Global Smartphone, Brand Favorit Anak Muda Disaat Pademi

Gede menambahkan, setelah proses instalasi RuralStar Pro selesai dilakukan, backhaul LTE dapat terhubung secara otomatis ke situs host.

Selama uji coba, jarak antara stasiun relay dengan lokasi host sekitar 31 kilometer. Bandwidth transmisi downlink mendukung hingga 106 Mbit/detik, yang memenuhi persyaratan bandwidth L900.

Huawei RuralStar Pro, lanjut Gede, menghadirkan terobosan pada desain radio base station dengan kemampuan mengintegrasikan baseband, perangkat pemancar radio, dan sekaligus LTE for backhaul nirkabel, pada satu modul.

BACA JUGA:iPhone 13 Ramai Peminat, iPhone XR dan 11 Pro Turun Drastis hingga 2 Jutaan

BACA JUGA:7 Publik Figur Indonesia Ini Gandrungi Games Esport Saat Pademi

Dengan konsep LTE for backhaul ini spektrum operator yang biasanya hanya digunakan untuk keperluan akses radio perangkat pengguna atau radio akses dapat digunakan juga untuk menyediakan akses antar radio base station (backhaul).

Sumber: Treandingnews

BERITA TERKAIT

XL Axiata dan Huawei Indonesia Berkerjasama Perluas Jaringan 4G Demi Area Terpencil

Kamis / 07-10-2021,17:53 WIB

Demi membangun jaringan 4G daerah, PT XL Axiata Tbk bersama Huawei Indonesia berkerjasama pengembangan nirkable bernama 'Huawei RuralStar Pro'.

XL Axiata dan Huawei Indonesia Berkerjasama Perluas Jaringan 4G Demi Area Terpencil