Catat! Inilah Ciri-Ciri Anak Yang Sembuh dan Selesai Isoman dari Covid-19


Ciri-Ciri Jika Anak sudah sembuh dan selesai dari Isoman|Humas satgas Covid|Satgas covid-19|

Techripiu.com -  Rasa khawatir orang tua pada masa pandemi sangat tinggi. Pasalmya wabah tersebut mulai menular kekompok usia anak-anak dan remaja.


Namun,  anak mengalami gejala ringan bahkan tanpa gejala (OTG)  serta tidak terlalu banyak membutuhkam perawatan medis. 

Sementara itu, salah satu yang dapat dilakukan saat anak OTG atau gejala ringan dengan melakukan isolasi mandiri. Namun demikian,  dukungan dan perawatan tetap perlu diberikan oleh orang tuanya. 


Orang tua juga patut memperhatikan kepada sang buah hati dengan perawatan khusus, sehingga kemungkinan besar dapat sembuh lebih cepat. Umumnya proses isolasi mandiri pada anak bisa berlangsung lebih dari dua pekan. 

BACA JUGA:Tanaman Binahong Diandalkan untuk Sembuhkan Beragam Penyakit, Begini Fakta dan Cara Mengolahnya

Dikutip dari laman resmi ikatan Dokter Anak Indonesia (IDA), inilah tanda jika seorang anak sudah sembuh dan dinyatakan selesai isolasi mandiri. 

1. Pada umumnya gejala Covid-19 akan hilang selama 14 hari

2. Selanjutnya dianjurkan pemeriksaan swab ulang 10-14 hari setelah G1 gejala atau setelah swab pertama positif jika tidak bergejala. 

3. Bila tidak bisa melakukan pemeriksaan swab,  maka disarankan isolasi mandiri 10 hari+3 hari setelah bebas gejala. 

BACA JUGA:Luhut Binsar Pandjaitan Sebut PPKM Akan Berganti Istilah Jadi Tingkatan Level, Netizen: Kayak Mie Instan ada Level Pedas!

4. Pasien berat,  umumnya masa menular lebih panjang sehingga dokter yang akan menentukan kapan seorang selesai melakukan isolasi mandiri.

Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews