Tanaman Binahong Diandalkan untuk Sembuhkan Beragam Penyakit, Begini Fakta dan Cara Mengolahnya


Pohon binahong diandalkan untuk menyembuhkan beragam penyakit, begini faktanya||IPB

Techripiu.com - Di tengah masa pandemi covid-19 ini, menjaga kesehatan adalah menjadi prioritas utama agar tetap terhindar dari penyebaran virus corona yang sampai saat ini masih menjadi ancaman kesehatan di Indonesia.


Untuk tetap sehat, selain rajin berolahraga, Anda juga wajib menjaga pola makan dan tetap menjalankan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

Binahong atau Anredera cordifolia dalam bahasa latin merupakan tanaman menjalar, merambat yang memiliki akar berbentuk rimpang.


Ragam manfaat dimiliki pohon Binahong untuk mengobati penyakit kronis, bahkan hampir seluruh bagian dari pohon ini bermanfaat untuk terapi herbal.

BACA JUGA:Luhut Binsar Pandjaitan Sebut PPKM Akan Berganti Istilah Jadi Tingkatan Level, Netizen: Kayak Mie Instan ada Level Pedas!

Di Indonesia sendiri, tanaman binahong belum jelas asal usulnya, apakah dibawa oleh pedagang Tiongkok atau orang Korea.

Tetapi yang jelas, saat ini telah banyak masyarakat yang mulai menanam binahong sebagai tanaman hias atau tanaman obat.

Daun binahong berkhasiat sebagai antioksidan, antiinflamasi, antibakteri yang tentunya penting bagi kesehatan tubuh.

Daun binahong sering digunakan masyarakat zaman dulu sebagai obat dari berbagai macam penyakit, meskipun saat ini beberapa orang juga masih percaya dan mengonsumsi daunya untuk pengobatan herbal.

BACA JUGA:Sudah Daftar CPNS 2021? Yuk Cek Daftar 10 Instansi Sepi Peminat Hingga yang Paling Banyak

Melalui daun binahong, berbagai msalah kesehatan dapat diatasi beberapa di antaranya adalah mengatasi maag, mempercepat penyembuhan luka bakar, mengatasi masalah kulit, asam urat, kolesterol, ambeien, dan diabetes.

Terdapat pula berbagai senyawa yang bagus untuk detoksifikasi kotoran dalam paru-paru, namun khasiat daun binahong bagi paru-paru belum diteliti lebih dalam.

Tak perlu khawatir, tumbuhan alami ini aman untuk dikonsumsi secara rutin, berikut dosis umum yang dianjurkan dan cara mengolahnya :

1. Siapkan 9-11 lembar daun binahong, cuci bersih
2. Rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas air rebusan
3. Konsumsi dua kali sehari, pagi dan malam

Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews