Kenalkan Seni dan Budaya di Hari Anak Nasional, Kemendikbudristek Hadirkan Tur Virtual, Yuk Join!

fotonya fotonya fotonya fotonya fotonya fotonya


Meriahkan Hari Anak Nasional, Kemendikbudristek Gelar Virtual Tour, ikutan yuk||Kemendikbudristek

Techripiu.com - Demi memeriahkan Hari Anak Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan tur virtual.


Kerjasama Kemendikbudristek melalui Galeri Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, berkolaborasi dengan theAsianparent (tAp) Indonesia, yang merupakan bagian dari situs pengasuhan (parenting) nomor 1 di Asia Tenggara.

Tur virtual khusus untuk anak ini memanfaatkan teknologi video 360° dan green screen pada Jumat 23 Juli 2021, pukul 10.00—11.30 WIB.


Acara yang dapat diakses melalui aplikasi Zoom tersebut gratis dengan mendaftar melalui tautan bit.ly/tapvtrori3.

BACA JUGA:Tanaman Binahong Diandalkan untuk Sembuhkan Beragam Penyakit, Begini Fakta dan Cara Mengolahnya

Kepala Galeri Nasional Indonesia (GNI), Pustanto mengatakan bahwa bagi GNI, tur virtual ini adalah yang pertama khusus ditujukan bagi anak-anak.

“Tentunya, materi tur virtual juga disesuaikan. Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar,” ungkap Pustanto, Rabu 21 Juli 2021.

Selain itu, menurutnya theAsianparent Indonesia juga akan membantu Kemendikbudristek untuk mengenalkan program-program kementerian kepada masyarakat Indonesia dengan tujuan menumbuhkan semangat berkarya dan berkreativitas, khususnya bagi para pelaku budaya di Indonesia.

Selanjutnya, melalui program edukasi tersebut, masyarakat Indonesia, khususnya orangtua dan anak-anak dapat lebih mengenal kekayaan warisan budaya Indonesia sejak dini.

BACA JUGA:Catat! Inilah Ciri-Ciri Anak Yang Sembuh dan Selesai Isoman dari Covid-19

Pustanto menambahkan bahwa pada tur virtual kali ini, karena pesertanya anak-anak, maka karya yang dipilih untuk disajikan adalah karya dengan objek yang dekat dengan anak atau sering ditemui anak dalam keseharian.

Di antaranya figur ibu, kakak, adik, tanaman, hewan, pasar, kapal, bentuk-bentuk geometri, dan warna.

“Objek-objek tersebut ada dalam karya Raden Saleh “Kapal Tenggelam”, Basoeki Abdullah “Kakak dan Adik”, Affandi “Ibu”, Kartono Yudhokusumo “Anggrek”, Suromo DS “Pasar”, Popo Iskandar “Kucing”, Handrio “Komposisi”, dan karya tokoh-tokoh penting lainnya yang berkontribusi dalam perkembangan seni rupa Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pustanto menjelaskan bahwa tur yang akan dipandu tim GNI, yaitu Kak Aola Romadhona, Kak Tunggul Setiawan, dan Kak Desy Novita Sari itu akan mengajak peserta tur untuk mengenal karya dan tokoh seni rupa melalui pameran tetap koleksi Galeri Nasional Indonesia.

BACA JUGA:Luhut Binsar Pandjaitan Sebut PPKM Akan Berganti Istilah Jadi Tingkatan Level, Netizen: Kayak Mie Instan ada Level Pedas!

“Pameran ini disajikan melalui tiga pendekatan kuratorial. Pertama, Monumen Ingatan, yang menampilkan karya-karya koleksi GNI yang dikontekstualisasikan dengan perkembangan sejarah nasional.

Kedua, Paris 1959 Jakarta 1995, yang menampilkan karya-karya koleksi internasional GNI yang bersumber dari dua peristiwa penting, yaitu hibah seniman-seniman dunia yang berbasis di Paris pada tahun 1959 melalui Atase Kebudayaan dan Pers, Bapak Ilen Surianegara serta hibah dari seniman peserta pameran Gerakan Non-Blok tahun 1995 di Jakarta.

Ketiga, Kode/D merupakan pameran tematik yang secara berkala memamerkan sejumlah koleksi dari 20 tahun akusisi karya seni rupa GNI dalam rentang tahun 1999 s.d. 2019,” ujar Pustanto.

Selanjutnya, Pustanto berharap, tur virtual ini selain dapat meramaikan perayaan Hari Anak Nasional 2021 yang tahun ini mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, juga menjadi media edukasi seni rupa bagi anak-anak.

BACA JUGA:Sudah Daftar CPNS 2021? Yuk Cek Daftar 10 Instansi Sepi Peminat Hingga yang Paling Banyak

“Selain itu, dari tokoh dan karya-karya yang ditampilkan, diharapkan dapat mendorong anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.
Kemudian, bagi pendamping anak-anak, seperti para orang tua dan para pendidik, materi tur virtual ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengenalkan seni rupa kepada anak-anak,” pungkas Pustanto.

Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews