Pemerintah Sediakan Bantuan Baru: Perlinsos, Bagi Warga Rentan Hadapi PPKM


Pemerintah terus menggelontor bantuan bagi masyarakat, khusus saat PPKM diberlakukan, salah satunya Perlinsos||Biro Pers

Techripiu.com - Pemerintah kembali memberikan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga dengan total anggaran sebesar Rp28,31 triliun selama 12 bulan.


Setiap keluarga diberikan bantuan berdasarkan komposisi di dalam keluarga tersebut, mulai dari ibu hamil, balita, siswa SD, SMP, SMA, disabilitas hingga lansia.

“Demikian yang kita berikan untuk 10 juta sebagai bantalan paling basic, paling mendasar bagi keluarga-keluarga di Indonesia sehingga anak-anaknya tetap bisa sekolah, mendapatkan imunisasi,” kata Menkeu dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Rabu 21 Juli 2021.


Selain itu, penerima PKH juga akan mendapatkan Program Kartu Sembako. Pemerintah menambah 2 bulan ekstra pada Juli-Agustus 2021 sebesar Rp200.000.

BACA JUGA:Bangga! Gegara Dimuat Majalah Möbelmarkt, Kayu Jati Indonesia Paling Dicari di Jerman, Kok Bisa ya?

Dengan demikian, masyarakat yang berhak akan mendapat bantuan kartu sembako Rp400.000 pada bulan Juli-Agustus 2021.

"Kami menambahkan Rp7,52 triliun sehingga seluruh keluarga yang mendapatkan kartu sembako untuk bulan Juli dan Agustus ini akan mendapatkan tambahan kartu sembakonya, Rp200.000 ditambah Rp200.000, jadi Rp400.000," ujar Menkeu.

Keluarga yang masuk ke dalam keluarga penerima kartu sembako sebanyak 18,8 juta akan mendapatkan total 14 bulan bantuan dari pemerintah dengan total anggaran menjadi Rp49,89 triliun.

Dalam menghadapi PPKM, pemerintah juga memberikan batuan perlinsos alias perlindungan sosial yang diwujudkan dalam bentuk kartu sembako PPKM yang merupakan usulan dari daerah.

BACA JUGA:Kenalkan Seni dan Budaya di Hari Anak Nasional, Kemendikbudristek Hadirkan Tur Virtual, Yuk Join!

Daerah menyampaikan masih terdapat keluarga yang dianggap belum memenuhi syarat sehingga belum masuk di dalam data program kartu sembako sebelumnya.

Menteri Sosial mengusulkan tambahan 5,9 juta keluarga baru atau 23,6 juta jiwa.

“Ini mereka akan mendapatkan sama seperti kartu sembako Rp200 ribu per bulan dari bulan Juli ini hingga bulan Desember sehingga kita menambahkan Rp7,08 triliun,” kata Menkeu.

Pemerintah juga memberikan bantuan beras bulog bagi penerima PKH dan kartu sembako sebanyak 28,8 juta keluarga dengan total anggaran Rp3,58 triliun.

BACA JUGA:Tanaman Binahong Diandalkan untuk Sembuhkan Beragam Penyakit, Begini Fakta dan Cara Mengolahnya

“Beras bulog ini kita minta untuk dibagikan kepada para penerima bantuan sosial sehingga Bulog bisa mengurangi jumlah yang ada di dalam gudang-gudang Bulog dan dengan demikian, Bulog bisa mengisi gudangnya dengan membeli gabah petani yang sekarang ini sedang mengalami panen,” kata Menkeu.

Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews