Kominfo Akan Terapkan Siaran TV Digital, Anggota Komisi I DPR RI Pertanyakan Kesiapan Perangkat Pendukungnya


Era TV Digital segera hadir di Indonesia, Sudah Siap?||kominfo

Kominfo Akan Terapkan Siaran TV Digital, Anggota Komisi I DPR RI Pertanyakan Kesiapan Perangkat Pendukungnya


Techripiu.com -  Rachel Maryam Sayidina selaku anggota komisi I DPR RI ikut berpendapat terkait pelaksanaan analog switch off.

Menurutnya, along switch off dalam program digitalisasi yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), memberi dampak yang baik terhadap kualitas siaran yang lebih stabil.


Namun, program digitalisasi ini membutuhkan persiapan dan kesiapan secara matang baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat.

“Program siaran digitalisasi ini haruslah dipersiapkan dengan matang, tidak boleh tergesa-gesa, terutama dalam hal pengadaan dan pendistribusian perangkat alat bantu berupa set top box yang dijanjikan pemerintah akan dibagikan ke masyarakat secara gratis,” kata Rachel dalam keterangan tertulisnya, Selasa 27 Juli 2021.

BACA JUGA:Manfaat Ramuan Bawang Putih Disaat Wabah Covid-19, 5 Penyakit ini Wajib Mengkonsumsinya, Coba Deh!

Seperti diketahui, nantinya Kominfo akan mematikan semua siaran TV analog dan beralih ke TV digital.

Rencana ini ditargetkan rampung pada November 2021. Penghentian siaran TV analog akan dilakukan dalam lima tahap. Dan tahap pertama ditargetkan rampung paling lambat 17 Agustus 2021.

Rachel juga mempertanyakan sejauh mana langkah pemerintah dalam menyiapkan perangkat pendukung siaran digitalisasi ini.

Ia tak yakin jika program tersebut dapat optimal dilakukan di tengah kondisi pandemi.

BACA JUGA:Pasca Viral Video Hasil Tes PCR Covid-19 Jadi Bungkus Gorengan, Polres Depok: Segera Kami Selidiki Siapa Pelakunya

“Tentunya kita harus melihat sejauh mana langkah pemerintah dalam mempersiapkan perangkat pendukung siaran digitalisasi untuk masyarakat,” terang politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Selain itu, lanjut Rachel, perlu dipertimbangkan juga sejauh mana kesiapan masyarakat menerima siaran digitalisasi dalam kondisi pandemi saat ini.

Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews