Tips Paten: 5 Langkah ini Bisa Seimbangkan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Selama WFH


5 Tips Seimbangkan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Selama WFH||Pixabay

Tips Paten: 5 Langkah ini Bisa Seimbangkan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Selama WFH

Techripiu.com – Work From Home (WFH) memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya sulit mengontrol jam kerja. Misal kalau di kantor jam 5 sore sudah bergegas pulang kerja, tapi karena di rumah, bekerja bisa bablas sampai malam.

Apalagi kalau disambi mengurus rumah, seperti menyapu, mengepel, mencuci pakaian, memasak, dan aktivitas lainnya. Pasti makin sibuk, sehingga pekerjaan kantor akhirnya diselesaikan hingga larut. Akibatnya, pola hidupmu malah berantakan.

Hal ini membuat Anda sulit termotivasi untuk bekerja, atau sebaliknya, Anda akan fokus ke pekerjaan Anda saja dan lupa beristirahat.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyeimbangkan waktu kerja dan waktu istirahat selama Anda bekerja dari rumah:

BACA JUGA:Dikenal Ramah, 5 Zodiak ini Sangat Friendly dan Banyak Teman, Tapi ada Plus-Minusnya juga Lo!

1. Bikin jadwal kerja

Langkah pertama, kamu dapat membuat jadwal kerja. Patokannya jam kerja kantormu seperti biasa. Absen hadir jam 8 pagi, istirahat siang jam 12. Kembali bekerja pukul 1 siang sampai jam 5 sore.

Jangan mentang-mentang WFH, bangun lebih siang dan baru absen kerja jam 10 atau 11. Karena kalau kamu hadir lebih lambat, tetap saja jam kerjamu dihitung minimal 8 jam.

Jadi yang seharusnya pukul 5 sore sudah selesai, harus menyelesaikan tugas hingga pukul 7 atau 8 malam. Komitmen terhadap jam kerja yang sudah kamu buat, maka keseimbangan hidup yang kamu cari, pasti akan terwujud.

BACA JUGA:Wajib Punya! 3 Jenis Sepatu Cowok ini Cocok Buat OOTD Lo, Bro! Aktivitas Harian dan Gaul Oke juga, kok

2. Atur waktu untuk berhenti bekerja dan memeriksa notifikasi

Saat Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di rumah, pasti Anda tergoda untuk memeriksa ponsel atau komputer Anda dalam jam kerja karena mereka selalu berada dalam jarak dekat.

Oleh karena itu, buatlah batasan untuk membantu Anda memberi pemisahan antara waktu kerja dan waktu istirahat.

Misalnya tidak memeriksa email sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore, atau menetapkan batas menggunakan aplikasi dari jam 6 sore sampai jam 8 pagi keesokan harinya.

 BACA JUGA:Manfaat Ramuan Bawang Putih Disaat Wabah Covid-19, 5 Penyakit ini Wajib Mengkonsumsinya, Coba Deh!

3. Pisahkan ruangan Anda untuk bekerja dan beristirahat

Cobalah untuk membuat ruang terpisah meskipun kecil, untuk memisahkan area kerja dan perawatan diri Anda.

Jangan bekerja di atas kasur Anda, karena hal itu bisa menghambat Anda bekerja, Anda akan selalu merasa lelah dan ingin segera beristirahat, yang ada pekerjaan Anda tidak akan selesai.

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk dipisahkan, cobalah menciptakan suasana yang berbeda, seperti menggunakan aroma, suara, dan tekstur (pakaian) untuk waktu yang berbeda dalam sehari.

Misalnya Anda menggunakan parfum yang berbeda saat bekerja dan setelah bekerja, atau menggunakan baju yang berbeda untuk menandai pemisahan antara waktu kerja dan beristirahat.

BACA JUGA:Pasti Sukses! 6 Jenis Pekerjaan ini Cocok Buat Orang Ekstrovert, Karier Dijamin Bersinar Brosis

4. Fokus bekerja, abaikan godaan dan gangguan

Selama WFH, pastikan kamu tetap fokus bekerja. Biasanya bekerja dari rumah, banyak gangguan. Entah itu dari tugas rumah tangga, suara tetangga bergosip, anak-anak kecil bermain di depan rumah, suara tangisan bayi tetangga, teriakan orang berdagang, sampai godaan tidur siang di kasur empuk.

Walaupun sulit, kamu harus tetap fokus dan konsentrasi. Abaikan sejenak gangguan dan godaan tersebut sampai kamu menyelesaikan pekerjaanmu.

Bila kamu fokus, maka pekerjaan kantor akan selesai dengan cepat, tepat, dan benar. Kamu tenang, atasanmu pun senang dengan kinerja baikmu meski dari rumah.

BACA JUGA:Bahaya! Menyendiri Saat Isoman Dapat Timbulkan Depresi Loh, Simak 5 Tips Berikut Ini Agar Terhindar dari Kesepian

5. Jauhkan Dirimu dari Stres

Walaupun kamu disiplin dengan jadwal kerja maupun komitmen yang sudah dibuat selama WFH, tetapi kamu harus tetap bahagia. Gunakan waktu luangmu, semisal setelah pekerjaan selesai pukul 5 sore, untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai.

Contohnya membaca, memasak, berendam di air hangat, atau menonton satu judul film favorit.

Jadi dalam sehari, kamu tidak terus berkutat pada pekerjaan kantor saja. Waktu untuk bersantai tetap ada. Dengan begitu, kamu terbebas dari stres dan work life balance menjadi nyata.

 


Tag Terkait:
Sumber: Treandingnews